LAPORAN KUNJUNGAN ATAU SURVEI
PENGELOLAAN LABORATORIUM

Diajukan untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Mata Kuliah Pengelolaan Laboratorium.
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

Disusun oleh :
Dio Guntara (1211208021)
Pendidikan Kimia II A

Bandung
2012

 

 

 

 

 
A. PENDESKRIPSIAN TEMPAT
Tempat kunjungan yang dilakukan oleh saya sendiri terletak di Jalan Sindanglaya, Kecamatan Tanjungsiang, Kabupaten Subang. Tepatnya di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tanjungsiang.
Dimulainya kunjungan pada hari sabtu tanggal 07 April 2012, yang pada pertemuan saya dengan lab di hari pertama hanya sekedar memastikan dan melihat-lihat area sekitar Laboratorium. Hal tersebut terjadi karena banyaknya siswa yang bermain-main disekitar ruangan yang ditakutkan akan menimbulkan hal yang tidak diinginkan (alat pecah, dll). Terakhir dihari pertama saya meminta izin kepada wakasek bidang kurikulum dan wakasek bidang sarana dan prasarana, untuk meminta kesediaannya kunjungan dillakukan pada hari minggu tanggal 08 April 2012 (dengan disertai alasannya).
Hari kedua pada minggu tanggal 08 April 2012 yang tepatnya pada hari libur, yang tidak akan memungkinkan untuk resiko seperti hari pertama ditemukan. Karena suasana sekolahan sangatlah sepi dan tidak ada siswa sekolah lagi selain penjaga sekolahnya. Dihari kedua ini saya mulai membersihkan alat-alat yang semuanya dalam keadaan kotor kecuali yang masih ada di dalam dus. Setelah dilakukan pembersihanbarulah diketahui ada banyak alat yang rusak.
Kemudian dengan selesainya pembersihan terhadap alat-alat, saya melanjutkan ke bahan-bahan yang memang kalau kita lihat dari botol atau pembungkusnya sangatlah kotor dan terlihat jarang dipakai dan di urus. Setelah selesai dibahan saya melanjutkannya dengan menata alat dan bahan serapih mungkin.
Laboratorium Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tanjungsiang menyimpan 3 tempat Praktikum yaitu Biologi, Fisika, dan Kimia. Dikarenakan keterbatasan waktu yang masih kurang cukup untuk melakukan kunjungan ini, jadi penataan yang dilakukan oleh saya hanyalah penataan di bagian kimianya saja. Dan ternyata memang kimialah yang paling kotor, karena sangat tidak terurus dan jarang diapakai.
Dengan Selesainya saya kunjungan/survei Laboratorium, diakhir kegiatan saya di Laboratorium Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tanjungsiang ini saya menyimpan beberapa data untuk kedepannya dipakai dan diisi sebagai rutinitas kegiatan yang dapat mengaktifkan Laboratorium diantaranya.
1) Buku Harian Laboratorium
2) Buku Inventaris Alat-Bahan
3) Daftar Alat-Bahan Yang Rusak
4) Formulir Peminjaman Alat-Bahan
5) Jadwal Kegiatan Laboratorium
6) Label Alat-Bahan

B. KENDALA
Untuk kendala bagi saya sendiri disaat kunjungan/survei Laboratorium di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tanjungsiang. Hanyalah masalah waktu yang tidak sesuai dengan perencanaan. Yang harus dimulai pada hari Jumat tanggal 06 April 2012 dan saya mengundurnya menjadi pada hari Sabtu tanggal 07 April 2012 dan selesai pada Minggu tanggal 08 April 2012.
Perencanaan yang ingin saya lakukan adalah.
1) Penerapan konsep-konsep yang terdapat didalam data-data yang saya simpan di Laboraorium.
2) Adanya pihak sekolah yang bisa saya ajak untuk mengetahui bagian manasaja yang boleh atau tidaknya saya tata.
Kedua perencanaan diatas tidak satupun dapat saya capai. Dikarenakan pelaksanaan kunjungan/survei ini tidak sesuai dengan yang saya inginkan. Hal ini disebabkan dikarenakan ada beberapa faktor yang mengakibatkan ini terjadi yang sudah saya jelaskan sebelumnya.

C. JADWAL LAB
Seperti yang sudah saya katakan bahwa Laboratorium Sekolah Mengah Atas Negeri 1 Tanjungsiang ini jarang digunakan oleh pihak sekolah sendiri, khususnya untuk guru yang memang membutuhkan praktikum agar dapat lebih menambah pemahaman teori dan pembuktiannya bagi siswa itu sendiri.
Setelah saya bertanya tentang jadwal Laboratorium di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tanjungsiang ini kepada yang bersangkutan. Didapat hasilnya bahwa Laboratorium ini dipakai hanya ketika UAS dan UTS saja dari tiap mata pelajaran yang membutuhkan praktikum (Biologi, Fisika dan Kimia).

D. INVENTARIS

E. TANGGAPAN PIHAK SEKOLAH
Tanggapan dari pihak sekolah sangat menyambut baik dengan adanya kunjungan/survei Laboratorium ini, karena dengan pembenahan yang dilakukan dapat menjadikan Laboratorium ini terlihat sedikit rapih dan tertata dari sebelumnya.

F. FOTO-FOTO DOKUMENTASI
Dokumentasi yang diambil adalah pada saat proses pembenahan dilakukan. Sebelumnya saya mohon maaf untuk dokumentasi hasil pembenahan tidak saya cantumkan dikarenakan pengambilan dilakukan pada sore hari dokumentasi yang diambil sedikit blur (akibat cuaca).

G. SURAT KETERANGAN*

Keterangan : Surat Keterngan hilang. Semoga Foto-foto Dokumentasi dapat mewakilinya.
H. KESIMPULAN
Jika kita seorang Laboran, maka hendaknya kita mengecek alat dan bahan yang akan selalu dipakai oleh praktiakan. Kerusakan alat dan bahan ada beberapa akibat, diantaranya.
1) Lama tidak dipakai
2) Jarang atau bahkan tidak melakukan perawatan terhadap alat dan bahan
Suatu pemicu alat atau bahan mudah atau cepat rusak tidak hanya dapat kita lihat dari proses disaat praktikum. Tapi proses disaat alat atau bahan itu disimpan. Kerusakan yang terjadi akibat penyimpanan terlalu lama ataupun perawatan yang dilakukan laboran kurang memenuhi syarat ketentuan perawatan dapat diminimalisir dengan menimbulkan sikap 3R “Rutin-Rajin-Rapih”.
Ket:
Rutin, dalam melakukan pengecekan alat dan bahan yang baik maupun yang kurang baik
Rajin, memberikan perawatan berupa pembersihan terhadap alat yang sudah digunakan
Rapih, dalam penyimpanannya