• Ciri fisik udara tercemar, apakah udara yang kta hirup tercemarkah?(sti fatmawati)

Ciri-ciri udara tercemar ada yang terlihat oleh mata ada juga yang tidak terlihat, ciri udara tercemar yang terlihat oleh mata contohnya polusi berupa debu hitam dari kendaraan, untuk yang tidak terlihat oleh mata, cara kita tau adalah dengan identifikasi sumber polusi, apakah di sekitar kita ada sumber polusi atau tidak.

  • Proses di dalam tubuh zat berbahaya? bagaimana penangulangannya?

Bila ada zat berbahaya yang masuk dalam tubuh, tentu akan ada sel yang bertugas untuk menanggulanginya yaitu sel anti bodi yang terbentuk melalui mekanisme sistem imun yang terdapat dalam tubuh kita, tapi tidak semua zat dapat ditaatasi oleh sel anti bodi tersebut. Pada umumnya peran antibodi adalah menetralkan bahan yang masuk baik yang berbahaya atau tidak berbahaya. Cara menanggulangi bila kita tau yang masuk ke tubuh adalah bahan berbahaya tentu sebaiknya langsung berkonsultasi dengan dokter.

  • Cerobong tingi akan mempegararuhi dampak yang lain?(sriesti)

Penggunaan cerobong asap yang tinggi untuk mengurangi polusi lokal berkontribusi dalam penyebaran hujan asam, karena emisi gas yang dikeluarkannya akan masuk ke sirkulasi udara regional yang memiliki jangkauan lebih luas. Sering sekali, hujan asam terjadi di daerah yang jauh dari lokasi sumbernya, di mana daerah pegunungan cenderung memperoleh lebih banyak karena tingginya curah hujan di sana.

  • Bahan-bahan kimia polutan.

 

  • Pencemar selain Pb, ada gak?

 

  • Alat identifikasi kadar standar zat polutan?

Dengan alat tersebut, pemerintah dapat mengukur tingkat polusi kendaraan bermotor, seperti tingkat kualitas pencemaran udara akibat timbal, karbondioksida, karbonmonoksida, maupun tingkat kebisingan.

 

Alat tersebut juga berfungsi untuk menyampaikan informasi tingkat pencemaran udara melalui display yang langsung bisa diketahui masyarakat.

  • Kenapa angin terjadi, hubungan proses penyerbukan dengan gas polutan?

Angin adalah udara yang bergerak yang diakibatkan perbedaan tekanan udara dari tekanan tinggi ke tekanan rendah di sekitarnya. Secara global angin juga diakibatkan oleh rotasi bumi.

Proses penyebab terjadinya angin adalah apabila udara (sifat benda terkena panas), maka udara akan memuai dan berat jenisnya berkurang. Dari udara yang memuai dan menjadi lebih ringan itu lantas menuju ke atas atau ke tempat yang kurang kepadatannya. Apabila hal ini terjadi, tekanan udara yang ditinggal akan turun dan otomatis diganti oleh udara di disekitarnya yang lebih dingin mengalir ke tempat tsb. Maka dgn terjadinya perpindahan udara inilah sebagai angin.

Udara yang ringan tadi setelah berada di atas atau di tempat barunya membuat dia susut kembali dan menjadi lebih berat kembali lalu turun atau menuju ke tempat yang lebih renggang. Aliran udara panas menuju ke wilayah udara dingin ini dinamanakan konveksi.

Peredaran atau sirkulasi inilah terjadinya angin.

Kupu-kupu rentan terhadap polutan, polutan tertentu akan membuat kupu-kupu mati sehingga proses penyerbukan tidak terjadi.